Jumat, 06 April 2018

4 Tips dan Pilihan Tempat Pinjaman Tanpa Riba

4 Tips dan Pilihan Tempat Pinjaman Tanpa Riba

Mau cari  pinjaman tanpa riba? Pinjaman ini tidak menerapkan sistem bunga sehingga Anda bisa lebih ringan mengembalikan pinjaman. Apa saja jenis pinjaman tanpa riba?

Memang sih, kebanyakan jenis pinjaman yang ditawarkan oleh berbagai lembaga keuangan saat ini menawarkan bunga. Bunga inilah yang disebut oleh sebagian orang sebagai riba. 

Buat Anda yang menginginkan pinjaman tanpa riba, masih ada alternatifnya kok. Jika Anda sedikit berusaha, cukup banyak tersedia pinjaman yang tidak mengenakan bunga atau riba.

Hanya saja tentunya Anda perlu paham betul seperti apa prosedur dan jenis pinjamannya
Sebelum Anda mengajukan pinjaman tanpa riba, tentunya Anda harus tahu dengan jelas detail dan persyaratannya terlebih dahulu.

Dan sama halnya dengan pinjaman non syariah lain, Anda harus memiliki sejumlah pertimbangan sebelum akhirnya mengambil pinjaman syariah tanpa riba. Ketahui apa saja pertimbangan pentingnya, seperti dikutip dari HaloMoney.co.id:

1. Ketahui nominal yang dibutuhkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengajukan pinjaman tanpa riba adalah mengetahui dulu besarnya dana yang Anda butuhkan. Misalnya, Anda membutuhkan dana untuk belanja bulanan.

Maka hitunglah kebutuhanmu dengan tepat dan kapan Anda akan mengembalikan pinjamannya. Hal ini akan meminimalisir risiko yang terjadi dan tentunya akan menghindarkan Anda dari jerat hutang kan?

2. Membandingkan dengan opsi berbeda

Ada baiknya sebelum Anda mengajukan pinjaman tanpa riba dan sudah menjelajahi berbagai jenis dan produknya Anda bandingkan terlebih dahulu. Manakah produk pinjaman tanpa riba yang cocok dengan kebutuhanmu saat ini?

3. Memahami dengan baik persyaratannya

Hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya dalam proses pinjaman tanpa riba adalah mengetahui dan memahami dengan baik persyaratan produk pinjaman tanpa riba tersebut.

Dengan mengetahui persyaratannya maka Anda akan merasakan kesesuaian dan kemudahan dalam prosesnya juga.

4. Paham konsekuensi

Anda juga perlu paham konsekuensi dari produk pinjaman tanpa riba yang Anda pilih. Misalnya saja, ada syarat yang harus Anda penuhi seperti menggadaikan kendaraan pribadi sehingga Anda tidak bisa menjual kendaraanmu sebelum pinjamanmu lunas.

Jangan sampai Anda baru tahu konsekuensinya setelah Anda mengajukan pinjaman sehingga Anda merasa rugi atau tidak nyaman.

Nah, apa saja sih pilihan pinjaman tanpa riba yang bisa Anda pertimbangkan? 

Pilihan produk pinjaman tanpa riba

Berbagai pilihan produk pinjaman tanpa riba umumnya berbasis syariah. Namun, ada pula pinjaman non syariah yang tidak mengenakan bunga jika Anda manfaatkan dengan baik.

Sebaiknya Anda tetap harus mengetahui dan menelusuri langsung jenis pinjaman tersebut. Berikut ini beberapa pilihannya:

KTA syariah

Tentu Anda sering dengar istilah KTA syariah kan? Sebenarnya keuntungan dari KTA syariah ini mirip dengan pinjaman produk bank lainnya, kok, hanya saja sistemnya syariah dan disediakan oleh bank syariah.

Dalam sistem syariah, bunga diperhitungkan dengan sistem bagi hasil setelah terjadi keuntungan.  

Mengenai besaran plafon, KTA syariah ini memiliki besaran plafon beragam mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 200 juta. KTA syariah memberikan biaya pelunasan dari setahun hingga 4 tahun bergantung pada masing-masing Bank syariah. 

Pegadaian Syariah

Pihak pemberi pinjaman tanpa riba yang satu ini bisa dikatakan merupakan paling umum. PT Pegadaian saat ini memiliki layanan syariah, bernama RAHN.

Anda bisa manfaatkan layanan ini, jika Anda mau menggadaikan barang berhargamu seperti emas, namun mau menghindari riba. 

Proses pinjaman hanya 15 menit dan Pegadaian menjanjikan barang berhargamu akan disimpan ditempat yang aman. Jaminan bisa berupa perhiasan, elektronik, atau kendaraan bermotor. 

Pinjaman (Marhun Bih) mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 200 juta atau lebih. Jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan atau 120 hari dan dapat diperpanjang dengan cara mengangsur sebagian uang pinjaman.

Persyaratan sebagai berikut:

-Fotocopy KTP atau identitas resmi lainnya.
-Menyerahkan barang jaminan.
-Untuk kendaraan bermotor membawa BPKB dan STNK asli.

Pegadaian adalah perusahaan milik negara yang berbisnis gadai. Layanan pegadaian begitu populer di masyarakat sejalan dengan keberadaan kantor pegadaian hingga ke pelosok daerah.

Selain melayani sistem pegadaian konvensional seperti selama ini dikenal, Pegadaian juga menyediakan sistem pegadaian syariah untuk mengakomodir masyarakat yang mau menggunakan sistem syariah tanpa riba.

Tertarik kah Anda Moneysavers? Jenis pinjaman tanpa riba yang satu ini mungkin cocok Anda pilih saat ingin menggadaikan barang untuk mendapatkan dana untuk kebutuhan mendadak.

Produk pinjaman online

Pernah dengar pinjaman online sekaligus pinjaman tanpa riba dengan jalur online? Yup, dengan produk pinjaman online yang kini banyak ditawarkan oleh perusahaan startup memudahkan Anda untuk mendapatkan fasilitass pinjaman mudah dan cepat onliine.

Salah satunya yaitu Investree Syariah, ataupun Alamisharia.co.

Caranya cukup mudah kok, Anda juga bisa mendaftar untuk dapatkan pinjaman online melalui situs mereka langsung ataupun HaloMoney.co.id. Selain cepat dan mudah, pinjaman online ini juga memberikan pinjaman tanpa bunga. Asyik kan?

Untuk lebih jelasnya Anda bisa menjelajahi informasi yang ada di HaloMoney dan di website perusahaan startup financial yang menyediakan pinjaman online tersebut.

Biasanya mereka akan mensyaratkan bebas bunga atau riba dengan syarat pelunasan pinjaman sebelum 30 hari dan limit pinjaman berkisar Rp 3 juta saja.

Pinjaman melalui kartu kredit syariah

Mungkin Anda akan protes, mengapa kartu kredit termasuk dalam pinjaman tanpa riba?

Perlu Anda ketahui bahwa bank syariah juga menyediakan kartu kredit syariah untuk menunjang transaksi nasabah bank syariah.

Fasilitas kartu kredit syariah bisa menjadi sumber danamu. Jika Anda lunasi tagihan kartu kredit syariah ini sebelum  jatuh tempo, Anda akan bebas bunga atau denda. Menarik ya?

0 komentar:

Posting Komentar