Kamis, 05 April 2018

Firefox Update Terbaru Bisa Blokir Pesan Menyebalkan

Firefox Update Terbaru Bisa Blokir Pesan Menyebalkan

Pekan ini, Mozilla merilis peramban internet Firefox 59 untuk platform PC, Mac, dan Android. Ada sejumlah update terkait kinerja, privasi, dan keamanan yang disertakan.

Salah satu kemampuan baru yang menarik adalah fitur untuk memblokir pesan menyebalkan. Pesan ini berupa permintaan untuk mengirim notifikasi oleh sebuah website. Kadang pesan tersebut juga berupa perminataan akses ke kamera, mikrofon, atau lokasi perangkat.

Opsi untuk memblokir notifikasi yang muncul (pop-up) dari situs bisa ditemukan di dalam menu “Preferences”. DI sini, pengguna bisa menyusun whitelist berisi situs mana saja yang dibolehkan menampilkan notifikasi pop-up, sementara sisanya bisa diblokir.

Update sekuriti lain diterapkan pada Private Browsing yang kini menghapus path information, sehingga sebuah situs tidak bisa melacak situs-situs mana yang sebelumnya dikunjungi pengguna Firefox 59.

Dari segi kinerja, Firefox 59 dijanjikan bakal bisa lebih cepat memuat laman web dengan mengakses cache dari hard disk pengguna atau dari network.

Proses rendering grafis melalui Off-Man-Thread Painting yang sebelumnya hadir untuk Windows di Firefox 58, kini sudah ikut hadir di Mac, Kamis (15/3/2018).

Khusus untuk versi Android, Mozilla menyertakan Firefox sebagai Assist App. Jadi, pengguna bisa melakukan pencarian internet lewat Firefox hanya dengan menekan tombol home beberapa saat, menggantikan Google Assistant yang biasanya dipanggil untuk keperluan itu.

Seperti biasa, update Firefox disalurkan secara otomatis. Mozilla akan memperbarui browser Firefox yang terpasang di perangkat masing-masing pengguna. Pengguna juga dapat mengunjungi Firefox.com untuk mengunduh peramban secara manual.  

0 komentar:

Posting Komentar